BERITA
DETIK.COM: RUDIYANTO, MENGAJAK WARGA UNTUK 'NEBENG YUUK!'

  Share


Rudiyanto, Mengajak Warga untuk 'Nebeng Yuuk!' Nurvita Indarini - detikNews | Senin, 27/02/2012 18:07 WIB

Jakarta "Nebeng yuk!" Demikian ajakan Rudiyanto pada warga Jabodetabek. Jangan malu untuk nebeng demi menghemat bahan bakar minyak (BBM) dan menekan angka kemacetan lalu lintas.

Kampanye penghematan BBM dan penekanan angka kemacetan lalu lintas ini disuarakan Rudiyanto melalui Komunitas Nebeng. Nama komunitas yang unik. Namun komunitas ini memang mewadahi orang-orang yang ingin nebeng ataupun bersedia memberikan tebengan.

"Komunitas ini terbentuk pada 2005. Jadi sampai sekarang sudah 7 tahun. Anggotanya semakin bertambah, yang tercatat sekitar 36 ribu. 90 Persen anggotanya dari Jabodetabek," kata Rudiyanto yang merupakan penggagas Komuntas Nebeng dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (27/2/2012).

Selain menghemat BBM dan mengurangi kemacetan, di komunitas ini juga bisa meluaskan jaringan untuk keperluan bisnis. Rata-rata jarak tempuh perjalanan 1-2 jam, nah dalam kurun waktu itu di dalam mobil yang berisi beberapa anggota komunitas bisa saling bertukar informasi soal bisnis.

Orang yang memberikan tebengan tidak selalu meminta ongkos BBM ditanggung bersama. Di beberapa kasus, pemberi tebengan kadang tidak memungut bayaran sama sekali orang-orang yang nebeng.

"Biasanya yang menggratiskan itu karena keperluan 3 in 1. Yang memberi tebengan juga biasanya punya syarat misalnya ladies only atau no smoking. Yang nebeng dan memberi tebengan ini memiliki tempat tinggal dan arah lokasi kerja yang sama," papar alumnus Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknik Surabaya ini.

Kebanyakan anggota komunitas ini berasal dari Jakarta. Namun ada juga yang dari Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Mulanya komunitas ini berkembang di milis. Tujuan akhir gerakan ini adalah berkurangnya jumlah mobil yang beroperasi di jalan raya. Jika 2 orang atau lebih berangkat kerja dengan kendaraan masing-masing mau bergabung menjadi 1 mobil saja untuk berangkat kerja, minimal akan menghemat BBM 50%. Dengan ini maka akan membantu mengurangi kemacetan jalan raya. Imbas selanjutnya akan mengurangi polusi udara.

"Sekarang kami jalan biasa saja, nggak ada kampanye yang besar-besaran. Karena kalau dalam kondisi yang 'normal' seperti ini, kampanye seperti ini kurang didengar. Kecuali bila BBM naik atau ada perang di negara eksportir minyak sehingga kita terancam," papar Rudi.

Untuk memudahkan koordinasi dan menyediakan orang yang bersedia memberikan tebengan, dibagilah beberapa 'kecamatan'. Misalnya Kecamatan Gedung Arthaloka Sudirman, Kecamatan Jalan Gadjah Mada Jakarta, dan Kecamatan Kawasan Industri Pulogadung. Setiap 'kecamatan' terdapat camat.

Camat ini juga memfasilitasi orang-orang yang tidak bisa mengakses internet namun ingin tergabung dengan komunitas ini.

"Syukurlah selama 7 tahun ini kami nggak pernah ada masalah. Kalau terdaftar di komunitas ini, maka diketahui kantor dan rumahnya, email dan nomor kontaknya. Itu semua bisa dikroscek. Jadi Komunitas Nebeng itu bisa menjadi wadah komunikasi yang aman. Beda sama naik omprengan yang tidak saling kenal," papar pria kelahiran Malang 30 Januari 1974.

Rudi menjelaskan para penebeng dan yang memberikan tebengan harus kompak menetapkan jam berangkat dan jam pulang kantor. Dia merekomendasikan para penebeng terhubung dengan lebih dari satu pemberi tebengan.

"Kadang kan nggak bisa pulang tepat waktu, atau pemberi tebengannya cuti dan tugas keluar kota. Karena itu punya alternatif untuk menebeng," jelas Rudi.

Komunitas ini memfokuskan diri pada pegawai kantoran yang umumnya memiliki kendaraan sendiri. Namun juga tidak menutup diri pada kalangan lain seperti mahasiswa.

Anda tertarik bergabung? Silakan akses http://www.nebeng.com untuk mendapat informasi lengkapnya. Berhemat BBM dan menekan angka kemacetan lalu lintas tidak harus muncul dari ide besar dan konsep bombastis. Namun hal itu bisa dilakukan melalui hal-hal kecil dan dimulai dari diri sendiri. Jadi, jangan malu untuk nebeng ya!

(vit/nrl)

Sumber : www.detik.com http://news.detik.com/read/2012/02/27/180733/1852863/608/rudiyanto-mengajak-warga-untuk-nebeng-yuuk







      INDEX BERITA TERKINI
+ index 


      KUNJUNGAN MAHASISWA
+ index 


  TOP FOTO & VIDEO

INDONESIA INNOVATES
03.07.2013
NEBENG.com is recognised as an Indonesia Innovates Hero for their pioneering application of the Internet in the field of TRANSPORTATION
See more

Antara TV
31.08.2012
Mengurangi Kemacetan dengan Nebeng
See more


IKLAN BARIS   IKLAN BANNER   KONTAK KAMI   BANTUAN

© 2005 - 2018 NEBENG.com - All rights reserved
Created by CV MITRA UTAMA NIAGA