BERITA
KONTAN, HARIAN BISNIS & INVENSTASI: MUDIK BARENG DAN HEMAT, NEBENG SAJA

  Share


KONTAN, Harian Bisnis & Invenstasi: Mudik Bareng dan Hemat, Nebeng Saja  Kontan Sabtu, 26 Juli 2014

Widyasari Ginting

ANDRI dan Susi bingung. Lebaran semakin dekat tapi suami-istri ini belum juga mengantongi uang lebih untuk ongkos mudik ke kampung halaman mereka di Bandar Lampung. Maklum, Andri hanyalah seorang sopir taksi. Boro-boro bisa mengumpulkan duit untuk pulang kampung, buat makan sehari-hari saja mereka pas-pasan. Padahal, tarif bus ke Lampung jelang Hari Raya Idul Fitri bisa naik dua kali lipat.

Tapi, Andri dan Susi tak patah arang. berbekal informasi dari sebuah majalah traveling, mereka lantas mencari tumpangan alias tebengan mudik gratis ke Lampung melalui situs www.nebeng.info.
Laman milik Komunitas Nebeng.com ini memang mewadahi para calon pemudik yang memberikan tebengan mudik dan yang menawarkan diri menjadi penebeng.

Nah, alih-alih dapat tumpangan tanpa biaya, Andri dan Susi pun mendaftar di situs nebeng.info sebagai penebeng. Tujuannya sudah pasti, mereka bisa mendapat tebengan mudik ke Lampung. Kini Andri dan Susi masih menunggu tawaran dari sesama anggota nebeng.info yang memberikan tebengan mudik ke Lampung. Dengan harapan, tahun ini bisa merayakan Lebaran di kampung halaman untuk melepas rindu dengan orang-tua dan keluarga.

Seperti biro jodoh

Anda berminat mengikuti jejak Andri dan Susi agar bisa mudik gratis lewat Komunitas Nebeng.com ? Gampang caranya. Menurut Rudyanto Linggar, pendiri Komunitas Nebeng.com, Anda hanya perlu melengkapi syarat-syarat pendaftaran. Misalnya, mengisi data selengkap mungkin. Bagi pemberi tebengan, data itu mulai nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor telepon, alamat e-mail, rute mudik, hingga tipe dan kondisi kendaraan.

Melalui situs www.nebeng.info, Anda bisa melakukan pencarian data pemberi tebengan mudik ataupun penebeng mudik. Di sinilah Anda melakukan seleksi atas pemberi tebengan mudik atau penebeng mudik. Kemudian, Anda bisa menghubungi mereka melalui nomor telepon atau e-mail yang mereka cantumkan. Menurut Rudyanto, situs nebeng.info seperti biro jodoh yang mempertemukan pasangan: antara si pemberi tebengan dan penebeng.

Untuk biaya perjalanan, tergantung kesepakatan antara pemberi tebengan dan penebeng. Yang pasti, biayanya tidak semahal kalau naik angkutan umum. Sebab, hanya uang bensin saja, itupun ditanggung renteng dengan si pemberi tebengan. Apabila cocok harganya, mereka akan mudik bersama. Tapi, bisa saja pemberi tebengan memberi tumpangan gratis, lo.

Sejauh ini, pemudik yang telah terdaftar di nebeng.info hampir 50 orang. "Untuk tujuan mudik terbanyak, masih didominasi wilayah Jawa," kata Rudyanto.

Oh, iya, nebeng.info adalah pengembangan dari situs nebeng.com yang merupakan wadah anggota komunitas Nebeng.com.
Laman ini memfasilitasi pemberi tebengan dan penebeng melakukan perjalanan bareng ke tempat bekerja dengan rute sama, baik memakai mobil atau motor.

Sumber: KONTAN, Harian Bisnis & Invenstasi







      INDEX BERITA TERKINI
+ index 


      KUNJUNGAN MAHASISWA
+ index 


  TOP FOTO & VIDEO

INDONESIA INNOVATES
03.07.2013
NEBENG.com is recognised as an Indonesia Innovates Hero for their pioneering application of the Internet in the field of TRANSPORTATION
See more

Antara TV
31.08.2012
Mengurangi Kemacetan dengan Nebeng
See more


IKLAN BARIS   IKLAN BANNER   KONTAK KAMI   BANTUAN

© 2005 - 2017 NEBENG.com - All rights reserved
Created by CV MITRA UTAMA NIAGA