BERITA
PS MAGAZINE: UNIQUE COMMUNITY NEBENG.COM

  Share


PS Magazine  monthly magazine - Sept 2012


KEMACETAN DIRUAS JALAN DI SEKITAR JABODETABEK SUDAH TIDAK DAPAT DIPERHITUNGKAN LAGI. SALAH SATU PENYEBAB TERJAIDNYA KEMACETAN YAITU BANYAKNYA VOLUME KENDARAAN DIBERBAGAI RUAS JALAN. TERLEBIH KENDARAAN RODA EMPAT YANG HANYA DI ISI OLEH SATU SAMPAI DUA ORANG PER KENDARAANNYA, SEHINGGA DIBENTUKLAH KOMUNITAS NEBENG.COM SELAIN MEMBERIKAN FASILITAS TUMPANGAN YANG NYAMAN, KOMUNITAS INI JUGA DIBENTUK SEBAGAI SALAH SATU BENTUK DARI RASA PEDULI AKAN KEMACETAN, MEMAHAMI CARA MENGHEMAT BBM DAN MENGURANGI SOLUSI

Dibentuk oleh Rudyanto sejak 28 September 2OO5, komunitas nebeng ini berjalan hingga kini dan anggota saat ini mencapai 42.OOO orang anggota. Tujuan nebeng.com bukan semata mencari profit, tapi lebih memberikan bantuan jasa kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Penyebarannya sebagian besar mencakup wilayah Jabodetabek (Jakarta Bogor, Depok, Tangerang Bekasi). Kagitan komunitas ini selain berbagi kendaraan setiap hari, mereka membentuk komunitas nebeng di dalam satu mobil
Apabila salah satu ada yang ulang tahun/syukuran, mereka makan-makan bersama teman yang berbagi kendaraannya serta ada juga yang menjalin kerjasama bisnis.

Bagi yang ingin mendaftar sebagai penebeng yang ingin member tebengan mendaftar sebagai pemberi tebengan. dan penebeng dipertemukan dalam suatu wadah www.nebeng.com , seperti biro jodoh, jadi apabila cocok, mereka dapat mulai kegiatan tebeng menebeng ini. Mempertemukan sebuah pasangan, yaitu antara si pemberi tebengan dan si penerima tebengan. Si pemberi tebengan memberitahukan kesediaannya ke situs nebeng.com sehingga bisa diapresiasi oleh penebeng.

Kendaraan yang memberikan tebengan ini juga tidak hanya roda empat, tetapi juga sepeda motor. Tidak hanya melakukan kegiatan rutin namun mudik bareng, tetapi disesuaikan dengan jalur tujuan si pemberi tebengan.
Mudik bareng nebeng.com ini memang menjadi tren tahunan anggota komunitas tersebut Adanya komunitas ini, tentunya menghemat biaya bahan bakar selain menghemat BBM, juga menjalin taIi silaturahmi antara penebeng dan pemberi tebengan yang memiliki kesamaan tujuan.
Untuk biaya perjalanan, tergantung dari kesepakatan antara si pemberi tebengan dan penebeng. Bisa jadi si pemberi tebengan memberi jasa sukarela, tapi bisa juga ada kesepakatan berupa patungan. Apabila mereka cocok, mereka akan melakukan perjalanan mudik bersarna.
Untuk tujuan mudik terbanyak, masih dipegang oleh wilayah Pulau Jawa.

Komunitas nebeng secara keseluruhan berkumpul tidak secara rutin. Tahun lalu komunitas nebeng mengadakan Gathering pada Mei 2011. Menurut Sylvia, harapan kedepannya untuk komunitas nebeng.com ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pemberi tebengan/penebeng yang cocok melalui webrsite www.nebeng com' Apabila masyarakat mau berbagi kendaraan, 2 mobil menjadi 1 mobil, hemat BBM 50% secara tidak langsung diharapkan dapat mengurangi kemacetan dijalan, karena berkurangnya jumlah mobil yang ada dijalan.

Sumber PS Magazine







      INDEX BERITA TERKINI
+ index 


      KUNJUNGAN MAHASISWA
+ index 


  TOP FOTO & VIDEO

INDONESIA INNOVATES
03.07.2013
NEBENG.com is recognised as an Indonesia Innovates Hero for their pioneering application of the Internet in the field of TRANSPORTATION
See more

Antara TV
31.08.2012
Mengurangi Kemacetan dengan Nebeng
See more


IKLAN BARIS   IKLAN BANNER   KONTAK KAMI   BANTUAN

© 2005 - 2018 NEBENG.com - All rights reserved
Created by CV MITRA UTAMA NIAGA