BERITA
ECOYOUTHTOYOTA.COM : 5 CARA AMPUH KURANGI POLUSI UDARA AKIBAT KENDARAAN

  Share


ecoyouthtoyota.com : 5 Cara Ampuh Kurangi Polusi Udara Akibat Kendaraan  11 Maret 2015

Masalah polusi udara udah bikin pusing berbagai pihak baik pemerintah maupun warga. Kendaraan digadang jadi penyebab polusi selain asap buangan industri, terlebih lagi di kota-kota besar dan metropolitan. Sebenarnya kita sebagai warga yang baik bisa lho turun tangan mengurangi polusi saat beraktivitas kuncinya adalah bijak memilih sarana transportasi. Nah ini 5 cara ampuh mengurangi polusi udara yang timbul akibat asap kendaraan, yuk langsung cek dan aplikasikan.

Pilih Sekolah, tempat les dan tempat berkegiatan yang dekat dengan rumah

fasilitas lingkungan yang nggak jauh dari rumah bakal mengurangi intensitas dan jarak tempuh kita berkendaraan. Makin dekat kita berkegiatan makin sedikit juga emisi karbon yang dihasilkan dan pastinya kita juga bisa menghemat biaya transportasi.

Jalan Kaki Untuk Jarak Dekat

Kalau jaraknya dekat dengan rumah nggak perlu berkendaraan. Jalan kaki aja pasti bisa kok. Kecepatan normal jalan kaki manusia bisa mencapai 5 km/jam jadi perjalanan 1 km bisa ditempuh dalam waktu 12 menit aja. Selain itu jalan kaki juga menyehatkan tubuh lho tapi jangan lupa meluangkan waktu lebih banyak sebelum berkegiatan yah biar nggak telat.

Coba Bersepeda Yuk!

Buat kepasar, warung, toko yang ada disekitar rumah, sepeda jadi pilihan yang asik. Bahkan buat ke sekolah atau main ke rumah teman juga bisa lho apa lagi sekarang ini udah mulai banyak komunitas-komunitas sepeda, cek disekitarmu siapa tau ada komunitas bike to school yang bisa diajak bareng. Selain nggak memerlukan bahan bakar, bersepeda juga menyehatkan badan. Sekarang ini banyak lho orang yang bahkan menggunakan sepeda untuk menempuh jarak yang lumayan jauh. Biasanya jarak 20 km bisa ditempuh dengan waktu 1 jam tapi ada juga yang bisa hingga 30 km. Jangan lupa menggunakan helm dan perlengkapan lainnya yah kalau mau bersepeda di jalan raya juga patuhi aturan di jalan.

Naik Kendaraan Umum

Pilihlah kendaraan umum kalau kita lagi bepergian atau mau berkegiatan di tempat yang cukup jauh. Angkot, bus, KRL, Bus Trans bisa jadi pilihan yang menarik disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal dan angkutan tempat yang jadi tujuan. Memang sih masih ada kendaraan umum yang kondisinya kurang layak tapi masih lebih baik lho daripada membawa kendaraan sendiri. Selain itu tentu ongkos yang dikeluarkan lebih murah daripada membawa mobil sendiri, bahan bakar yang diperlukan per-penumpang juga lebih hemat. Kalau semua orang memilih naik angkutan umum, jalanan bakal lebih lega dan kemacetan akan jarang terjadi.

Car pooling atau nebeng

Kalau terpaksa menggunakan mobil pribadi lakukan car pooling atau perjalanan bersama-sama dengan orang lain yang searah. Ajak teman, tetangga atau saudara yang lokasi kegiatannya searah dengan perjalanan kita. Penggunaan bensin akan lebih efisien dan tentunya perjalanan makin meriah, lumayan dari pada bermacet-macetan sendirian. Di Jakarta para pengguna car pooling bisa memanfaatkan nebeng.com meski namanya nebeng biasanya kita diminta untuk patungan atau iuran sesuai dengan kesepakatan. Tenang aja meski tetap mengeluarkan selain ikut membantu meringankan uang bensin kita juga bisa dapat tumpangan yang lebih nyaman.


Sumber http://ecoyouthtoyota.com







      INDEX BERITA TERKINI
+ index 


      KUNJUNGAN MAHASISWA
+ index 


  TOP FOTO & VIDEO

INDONESIA INNOVATES
03.07.2013
NEBENG.com is recognised as an Indonesia Innovates Hero for their pioneering application of the Internet in the field of TRANSPORTATION
See more

Antara TV
31.08.2012
Mengurangi Kemacetan dengan Nebeng
See more


IKLAN BARIS   IKLAN BANNER   KONTAK KAMI   BANTUAN

© 2005 - 2017 NEBENG.com - All rights reserved
Created by CV MITRA UTAMA NIAGA